TUTORIAL BAGAIMANA MEMBUAT BOLERO DAN OUTER DARI SCARF SHANTIKA FASHION

                                                                                    

                                                      

            Zero waste fashion adalah fashion yang berusaha meminimalisasi jumlah limbah yang berasal dari dunia fashion seperti sisa kain, benang, kancing, risleting, maupun yang lain. Dalam zero waste fashion seringkali menggunakan pola atau teknik draping tertentu untuk mereduksi limbah fashion terutama kain sisa karena kain termasuk limbah yang sulit diuraikan oleh bumi. Butuh waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun bagi mikro organisme pengurai untuk menguraikan limbah kain.

            Karena itulah Shantika Fashion mulai memperkenalkan Zero waste Fashion dalam semua lini media sosial, pameran, Fashion Show, maupun dalam pelatihan yang dilakukannya. Salah satunya adalah memperkenalkan bagaimana cara membuat outer atau bolero dari scarf, syal/pasmina, atau kain Shantika Fashion. Bisa berupa batik, shibori, ecoprint, lukis/painting, atau suminagashi.


                                           Scarf Rayon Ecoprint LeaFCena - Shantika Fashion

           

            Kali ini, Shantika Fashion ingin memperkenalkan cara membuat bolero dan outer dari Scarf Shantika Fashion berupa ecoprint. Ecoprint adalah salah satu teknik menghias kain atau wastra dengan menggunakan motif dan pewarna dari alam seperti daun, bunga, akar, batang, kulit batang, biji, ataupun kulit buah.

            Scarf Ecoprint ini umumnya digunakan untuk dikalungkan di leher atau dipakai di kepala sebagai hiasan rambut atau penutup kepala. Umumnya terbuat dari sehelai kain lembut seperti sutra, rayon, sifon, katun, atau satin berbentuk persegi. Namun Scarf Ecoprint ini juga dapat digunakan sebagai outer atau bolero.


                             Outer dari Scarf LeaFCenA - Shantika Fashion (model by Bu Dona)                            

                                                                

               Berikut ini adalah contoh - contoh cara membuat bolero atau outer yang diperagakan oleh Ibu Dona, General Manager Hotel Novotel Surabaya. Ibu Dona sangat menyukai bolero atau outer yang dibuat dari scarf atau pasmina/syal ecoprint dari Shantika Fashion. Dengan menggunakan teknik ini, fashionista dapat memiliki beberapa outlook atau tampilan yang berbeda dengan hanya menggunakan 1 atau 2 buah scarf saja.

            Teknik ini cukup simple dan tanpa menggunakan jahitan sama sekali. Hanya menggunakan teknik ikatan di beberapa bagian agar scarf tidak terkoyak atau berlubang, dan .... Voila...  Jadilah sebuah outer keren yang fashionable dan kekinian. Cara ini patut dicoba untuk kamu - kamu yang suka mengkoleksi scarf dan suka mencoba cara baru dalam mengekspresikan diri.        


                            Outer dari Scarf LeaFCenA - Shantika Fashion (model by Bu Dona) 

            

            Nah, ini adalah contoh-contoh tutorial bagaimana membuat bolero dan outer dari Scarf Shantika Fashion yang bisa dipraktekkan melalui metode draping tanpa jahit dengan mudah. 

 

            Selamat mencoba sobat pecinta zero waste fashion. 

             Exhibit your style with Indonesia Heritage 

 

Outer dari Scarf LeaFCenA - Shantika Fashion (model by Bu Dona) 



#shantikafashion
#ecoprint
#naturaldye
#zerowaste
#zerowastefashion
#LeaFCena
#fusione
#gayatree
#bolero
#scarf
#outer
#exhibityourstylewithindonesianheritage

Komentar

Postingan Populer